Halaman

Jumat, 21 September 2012

soal hipernim, hiponim, homonim, homograf, homofon, dan polisemi


Kerjakan soal di bawah in!
1.      Kata-kata yang memiliki lafal dan huruf yang sama, tetapi berbeda makna disebut ….
2.      Kata-kata yang memiliki huruf yang sama, tetapi berbeda lafal dan makna dinamakan ….
3.      Ular bisa mengeluarkan bisa untuk membunuh mangsanya. Kalimat tersebut memiliki hubungan ….
4.      Setiap malam minggu saya apel ke rumah Desi.
Kalau pergi ke Malang jangan lupa membawa apel.
Hubungan kedua kalimat tersebut adalah …..
5.      Kata atau ungkapan yang menjadi bagian dari kata/ungkapan makna lain disebut ….
6.      Kata merah hipernim dengan ….
7.      Tak lupa Eko membawa bunga untuk pacarnya.
Hiponim untuk kata yang dicetak tebal adalah ….,…., dan ….
8.      Makna yang ditambahkan pada makna denotative yang berhubungan dengan nilai rasa disebut makna …..
9.      Makna denotasi dari kalimat berikut adalah ….
Baru saja ayahku mendapatkan kambing hitam di pasar.
10.  Kakiku terasa sakit saat tak sengaja menendang kaki meja.
Kalimat di atas mengandung  makna ….
11.  Bibir lisa memerah setelah makan sambal.
Ia memerah susu sapi.
Contoh memerah pada kedua kalimat tersebut termasuk ….
12.  Bunga desa itu sedang memetik bunga.
Contoh kalimat tersebut termasuk ….
13.  Tanaman tebu merupakan tanaman yang berbuku-buku.
Nina sedang membaca buku di ruang tamu.
Kedua kalimat tersebut memiliki hubungan makna ….
14.  Manakah di antara kalimat  berikut yang memiliki hubungan homograf?
a.       Bulan purnama muncul dua hari setiap bulan.\
b.      Bang toyib tak pulang-pulang karena manjadi satpam di bank.
c.       Pejabat teras itu sedang duduk-duduk di teras rumahnya.
d.      Pada saat genting, pencuri itu keluar lewat genting.
15.  Keta berpolisemi terdapat pada kalimat …..
a.       Kepala Desa Sukamaju sedang  meresmikan pembangunan  pos keamanan.
b.      Saya membeli apel malang ketika apel ke rumah pacarku.
c.       Enam halaman cerita itu ia selesaikan di halaman depan rumahnya.
d.      Kepala sekolah menyandarkan kepalanya di kursi hitam itu.




Kelompokkan kata-kata berikut ke dalam makna hipernim, hiponim, homonim, homograf, homofon, dan polisemi.
bisa                  : dapat                                     mental             : psikis (jiwa)
salak                : nama buah                            hak                  : sepatu
genting            : gawat                                                buku                : kitab
bisa                  : racun                                     teras                : bagian depan rumah
lumba-lumba                                                  manusia
salak                : suara anjing                          semangka
nisan                : batu                                       bank                : pengelola uang
apel                 : nama buah                            durian             
buah                                                                hewan
mental             : berbalik arah                                    genting            : atap rumah
makhluk hidup                                                buku                : ruas
teras                : pejabat utama                      mamalia air
tumbuhan                                                        hak                  : asasi
seri                  : sama                                                 sangsi              : ragu
paus                                                                 Nissan              : merk mobil
duyung                                                            seri                  : berkelanjutan
buah tangan                                                    sanksi              : hukuman


Bedakan mana polisem dan mana homonim!

a)      Masih terlalu pagi untuk membicarakan taktik permainan , lebih baik kita fokus pada latihan pagi ini.
b)      Setiap malam adikku bermain malam bersama teman-temannya.
c)      Hidungnya berdara ketika hendak menendang bola di mulut gawang.
d)      Dia berjalan mengendap-endap setelah berhasil mengendapkan kotoran kotoran dengan tawas.
e)      anak saya kini bukan lagi anak bawang dalam tim sepak bola tersebut.
f)       Kepalanya kini tak lagi sakit setelah diobati oleh kepala rumah sakit itu.
g)      Masa sih kamu tidak tahu kalau dia sedang dalam masa idah.
h)      Pak guru tengah membaca halaman demi halaman buku di halaman sekolah.
i)        Setela turun dari balkon, permainan Irfan Bachdim agak sedikit turun.

Selasa, 11 September 2012

Ide pokok, simpulan, Rangkuman, Saran, Kritikan, maupun Sanggahan

SIMAK PARAGRAF BERIKUT!
Kebiasaan mencontek justru akan memadamkan semangat belajar. Para pencontek biasa berpikir untuk menyiapkan bahan-bahan untuk membuat contekan, nilai yang diperoleh pun kadang lebih bagus dari siswa yang jujur. Nilai boleh saja bagus, namun sebenarnya ia tidak tahu apa-apa dan tidak ada apa-apanya. Ilmu pengetahuannya tidak pernah bertambah karena rajin mencontek. Lalu apa bedanya dengan mereka yang tidak pernah sekolah?

Dari kutipan paragraf tersebut, kita dapat tentukan Ide pokok, simpulan, Rangkuman, Saran, Kritikan, maupun Sanggahannya, yakni sebagai berikut:
Ide Pokok : Kebiasaan mencontek memadamkan semangat belajar
Simpulan : Kebiasaan mencontek dapat merugikan jati diri pelajar
Rangkuman : Kebiasaan mencontek dapat memadamkan semangat belajar karena hanya sibuk membuat contekan, tidak memiliki pengetahuan, dan tidak ada bedanya dengan mereka yang tidak sekolah.
Saran : Para siswa harus menghindari perilaku mencontek
Kritikan : Tidak sepantasnya seorang pelajar mencontek
Sanggahan : Walaupun mencontek, nilai yang bagus justru membanggakan.