Halaman

Minggu, 24 April 2016

Pengertian Paragraf dan jenis-jenisnya berdasarkan letak kalimat utama

Hai, ketemu lagi dengan Superteacher86.blogspot.com. Nah, kali ini saya akan berbagi materi tentang paragraf. Materi ini bisa kalian gunakan untuk lebih memahami materi tentang paragraf dan jenis-jenisnya. Tahukah kalian apa itu paragraf? Paragraf adalah bagian karangan yang mengandung satu ide pokok dan beberapa kalimat penjelas. Perlu diketahui bahwa paragraf bisa saja terdiri atas satu kalimat atau beberapa kalimat. Yang pasti satu paragraf hanya memiliki satu ide pokok. 
Lalu, di manakah kita menemukan ide pokok itu? Ide pokok bisa kita temukan dalam kalimat utama. Apa itu kalimat utama? Kalimat utama adalah kalimat yang menjadi pokok pembicaraan dalam paragraf. lalu, apa bedanya kalimat utama, gagasan utama, ide pokok, kalimat topik, dan pokok pikiran?
Pertanyaan bagus. kalimat utam disebut juga dengan kalimat topik dan penjelasannya seperti di atas. sementara ide pokok atau gagasan utama, atau pokok pikiran adalah hal yang sama. Ide pokok adalah inti dari kalimat utama. Jadi, untuk menentukan ide pokok atau gagasan utama kita harus mengetahui letak kalimat utamanya terlebih dahulu. Berikut adalah jenis paragraf berdasarkan letak kalimat utamanya

1) Paragraf Deduktif adalah paragraf yang letak kalimat utamanya berada di awal paragraf.
contoh:
            Angga adalah anak yang rajin. Setiap pulang sekolah dia selalu mengerjakan PR. Pada waktu malam dia juga tak lupa belajar bersama adik-adiknya. Angga juga tak pernah telat datang ke sekolah. Tugas-tugas yang diberikan oleh guru juga selalu ia kerjakan tepat waktu.
2) Paragraf Induktif adalah paragraf yang letak kalimat utamana berda di bagian akhir paragraf.
             Besi jika terkena panas akan memuai. Tembaga bila terkena panas juga akan memuai. Begitu pula dengan timah, jika terkena panas pasti akan memuai. Jadi, semua jenis logam jika dipanaskan akan memuai.
3) Paragraf Campuran/Varitaif adalah paragraf yang letak kalimat utamanya berada di awal dan dipertegas di bagian akhir paragraf. 
             Jolin adalah sahabat terbaikku. Dia selalu membuatku tersenyum dan bahagia. Ketika ada  masalah dia juga selalu paling depan membantuku. Dialah Jolin, teman terbaikku. 
4) Paragraf Naratif/Deskriptif adalah paragraf yang letak kalimat utamanya berada di seluruh bagian paragraf. 
            Pagi itu kami berjalan-jalan di depan komplek pertokoan. Saat melewati sebuah toko sepatu, kami melihat sepasang sepatu kaca yang dipajang di etalase. Kami pun kompak menunjuk dan berkata, "Cinderella." Bergegas kami masuk danit kami berebut sepatu kaca tersebut. Sayang, sepatu itu kekecilan untuk kami berdua. 



Nah, itulah sedikit ulasan mengenai paragraf dan jenis-jenisnya berdasarkan letak kalimat utamanya. di atas ada gambar yang biasa saya gunakan untuk menjelaskan ke murid-murid saya. Semoga bermanfaat. Jangan lupa dikomen yaaaaa.... terima kasih. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar