Halaman

Minggu, 10 April 2016

ulangan harian bahasa indonesia kelas 7 semester 2 tahun ajaran 2015/2016

I. Pilihlah jawaban yang paling tepat!
1. Kegiatan tanya jawab antara dua pihak, pewawancara dan narasumber, untuk mendapatkan informasi disebut ….
A. Wartawan
B. Wawancara
C. Diskusi
D. Seminar

2. X = “Sampai hari ini Kak Fira sudah menulis berapa buku?”
Y = “Cukup banyak, lebih dari sepuluh buku.”
X = ___________________
Y = “Macam-macam, di antaranya Jendela-jendela, Pintu, Atap, Biru Rojok, Ms. B-Panggil Aku B, Brownies, dan Alamak.”
Pertanyaan yang tepat untuk mengisi wawancara yang rumpang di atas adalah ….
A. “Wah, kak Fira hebat. Sejak kapan kak Fira suka menulis buku?”
B. “Apa hobi Kak Fira?”
C. “Apa saja judulnya Kak?”
D. “Siapa yang menginspirasi Kak Fira untuk menjadi Penulis?”

3. Berikut adalah kita dalam melaksanakan wawancara dengan baik, kecuali ….
A. Mengajukan pertanyaan dengan sopan
B. Membuat janji terlebih dahulu dengan narasumber
C. Membuka wawancara dengan salam dan perkenalan diri
D. Berlagak sok pintar di depan narasumber

4. Ibu : Baju mana yang kamu inginkan July? Yang merah ______ yang putih?
July : Aku ingin dua-duanya ibu.
Konjungsi yang tepat untuk mengisi percakapan di atas adalah ….
A. Dan
B. Atau
C. Serta
D. Tetapi

5. Aku menyelesaikan program doctor (S3) di Jerman ketika usiaku baru mencapai 28 tahun.
Konjungsi yang bergaris bawah pada kalimat di atas adalah jenis konjungsi ….
A. Aditif
B. Temporal
C. Syarat
D. Pertentangan



6. Ayah tidak mengizinkan aku pergi.
Ayah mengkhawatirkan keselamatanku.
Dua kalimat di atas jika digabungkan dengan konjungsi akan menjadi ….
A. Ayahku tidak mengizinkan aku pergi karena mengkhawatirkan keselamatanku.
B. Ayahku tidak mengizinkan aku pergi sebab Ayah mengkhawatirkan keselamatanku.
C. Ayahku tidak mengizinkanku pergi tetapi ia mengkhawatirkan keselamatanku.
D. Ayahku tidak mengizinkanku pergi keitka ia mengkhawatirkan keselamatanku.

7. Cerita Malin Kundang bertema tentang ….
A. Moral
B. Ekonomi
C. Pendidikan
D. Pahlawan

8. Relevansi tema Malin Kundang dengan situasi sekarang adalah ….
A. Merupakan cerita dari Sumatera yang sangat bagus
B. Seorang ibu yang sangat menyayangi anaknya dengan tulus dan ikhlas
C. Jangan sampai kita durhaka kepada orang tua
D. Janganlah mengaku sebagai orang tua hanya ketika anaknya sukses
9. Setiap pualng sekolah ia selalu kepana-san. Arti imbuhan ke-an pada kalimat diatas sama artinya pada kalimat ………….
A. Setiap orang mempunyai kepandaian yang tidak sama
B. Kemiringan menara Eiffel semakin bertambah
C. Sepatu adik yang dibelikan ibu kebesaran
D. Karena belum adanya bantuan, para pengungsi itu kelaparan

10. Pohon-pohon di jalan raya tumbang oleh angin. Kata pohon-pohon termasuk kata ulang …
A. Sebagian
B. Utuh
C. Berubah bunyi
D. Semu

11. Berikut adalah kalimat yang menggunakan kata ulang sebagian
A. Ayah baru saja membeli mobil-mobilan untuk adik .
B. Ibu membeli sayur-mayur dan buah-buahan di pasar tradisional.
C. Leluhur kami adalah orang Tionghoa.
D. Kami bermain kejar-kejaran di tanah lapang.

12. Kedua orang itu berpandang-pandangan setelah kaduanya terjatuh.
Makna kata berpandang-pandangan di atas adalah ….
A. Menyerupai
B. Saling
C. Banyak
D. Tindakan dilakukan berulang-ulang

13. Anna : “halo, selamat pagi.”
Elsa : “selamat pagi. __________”
Anna : “ini dengan Anna, bisa berbicara dengan Elsa?”
Kalimat yang tepat untuk melengkapi percakapan di atas adalah ….
A. Ini dengan Anna ada yang bisa dibantu?
B. Dengan siapa ini?
C. Maaf Anda salah sambung.
D. Sebentar saya panggilkan.
14. Kriiiing...
Guru : Halo, selamat pagi
Siswa : .....
Guru : Ya, saya sendiri. Ada apa?
Siswa : Saya Willy kelas VIIIB. Karena ayah dan ibu saya sakit, hari ini saya tidak masuk sekolah. Kalimat yang tepat untuk melengkapi dialog tersebut adalah...
A. Selamat pagi, bisakah saya bicara dengan Pak Surya?
B. Halo, siapa di situ? Saya ingin berbicara dengan Pak Surya.
C. Halo… kalau tudak keberatan saya ingin bicara dengan Pak Surya?
D. Selamat pagi, apakah Anda Pak Surya? Saya ingin bicara dengannya.

15. Bacalah kutipan berikut dengan seksama!
Menurut Umar Kayam, saat ia sekolah dasar ada keharusan untuk membaca dongeng - dongeng, dan ada pelajaran bercerita di depan kelas dalam bahasa Belanda. Diakuinya pendidikan Belanda memang baik, teratur, dan disiplin. Di kelas lima HIS, ia menguasai bahasa Belanda. Sehari-harinya, bersama orang tuanya ia berbicara dalam bahasa Jawa halus (kromo) campuran Belanda. Bahasa Melayu bukan bahasa sehari-hari. Ia les bahasa Melayu sore hari. Baru pada bmasa pendudukan Jepang, bahasa Indonesia diwajibnkan sebagai bahasa pengantar. Meski kelak ditulisnya dalam novel Para Priyai bahwa masa pendudukan tentara Jepang sangat represif dan menyakitkan sekaligus mengerikan khususnya di bidang pelanggaran hak-hak asasi manusia secara semena-mena, menurutnya, salah satu tindakan pemerintah pendudukan Jepang yang dapat dinilai posotif adalah Jepang berjasa mengindonesiakan kita dalam waktu sekejap.
Keistimewaan tokoh berdasarkan biografi tersebut adalah…
A. Umar Kayam mampu membaca buku dongeng untuk diceritakan di depan kelas
B. Umar Kayam selalu menata kehidupannya dengan baik, teratur, dan disiplin
C. Umar Kayam sehari-hari berbicara dalam bahasa Jawa Kromo dan bahasa Belanda
D. Umar Kayam sebagai orang Jawa menguasai bahasa Belanda sejak kelas V HIS

16. Orang yang menjadi narasumber dalam sebuah wawancara biasanya adalah seorang…
A. ahli/pakar
B. biasa/orang awam
C. wisatawan asing
D. wisatawan domestik

17. Bacalah puisi di bawah ini!
Wahai sahabat
Untuk slamanya
Kita percaya
Tebarkan arah jangan pernah lelah
Untukmu sahabat
...
Tema puisi tersebut adalah ...
A. Persahabatan
B. Kelelahan
C. Perdamaian
D. Kepercayaan

18. Dalam membaca puisi hendaknya memerhatikan, kecuali ….
A. mimik
B. volume suara
C. irama
D. tipografi
19. Cintaku Jauh Di Pulau
Amboi! Jalan sudah bertahun kutempuh !
Perahu yang bersama 'kan merapuh!
mengapa ajal mememanggil dulu
sebelum sempat berpeluk dengan cintaku                               Chairil Anwar

Suasana dalam puisi di atas adalah....
A. Sedih
B. Marah
C. Gembira
D. Kecewa

20. Makna perahu pada kutipan puisi tersebut adalah...
A. kehampaan    
B. kematian
C. kehidupan
D. kepercayaaan

II. Isilah titik-titik di bawah ini!

21. Kata yang menghubungkan dua klusa atau kalimat disebut ____________
22. Wawancara yang dilakukan tanpa adanya persiapan disebut _____________
23. Persamaan bunyi baik di awal, tengah, atau akhir pada puisi dinamakan ______________
24. Hal pertama yang kita ucapkan saat mengangkat telepon adalah ____________
25. Bermain-main, mobil-mobilan, dan berkejar-kejaran adalah contoh kata ulang _____________
26. Riwayat hidup seorang tokoh yang ditulis orang lain dinamakan ______________
27. Pesan moral yang ingin disampaikan pengarang dalam cerita anak disebut _____________
28. Tokoh yang memerankan watak baik disebut __________
29. Tubuhnya menggigil kedinginan sejak pulang dari sekolah.
Imbuhan ke-an pada kata yang bercetak tebal bermakna ____________
30. Saudara kembar itu ___________ pinang dibelah dua.
Konjungsi yang tepat untuk mengisi kalimat rumpang di atas adalah _____________

III. Uraikanlah
31. Bagaimana urutan (tata cara) bertelepon yang baik?
32. Buatlah kalimat dengan menggunakan konjungsi aditif, disjungtif, dan temporal!
33. Dalam setiap cerita (cerita anak) selalu terdapat amanat baik itu implisit maupun eksplisit. Jelaskan pengertian amanat yang bersifat implisit dan eksplisit tersebut!
34. sebutkan jenis-jenis kata ulang dan berilah masing-masing dua contoh!
35. Buatlah sebuah puisi bertema pengalaman pribadi dengan panjang minilam 4 baris!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar